Sering Haus Bisa Jadi Gejala Penyakit Diabates

By | April 7, 2016

Sering Merasakan Kehausan banyak yang mengatakan bahwa itu salah satu gejala diabetes, benarkah demikian?

Mencegah-Kehausan-Saat-Berpuasa

Sering Haus Bisa Jadi Gejala Penyakit Diabates – Rasa haus adalah reaksi tubuh yang normal terhadap kondisi kekurangan cairan tubuh. Haus dapat terjadi sebagai respon terhadap beberapa kondisi dimana volume cairan tubuh tidak berada dalam kondisi normal yang seimbang seperti pada beberapa kondisi berikut:

  • Dehidrasi atau kekurangan cairan yang dapat disebabkan oleh cukup lama tidak mengonsumsi cairan, atau karena tubuh mengalami kehilangan cairan yang berlebihan melalui mencret, muntah, atau banyak berkeringat.
  • Mengonsumsi makanan yang pedas dan asin juga dapat menimbulkan rasa haus sehingga ingin mengonsumsi cairan lebih banyak.
  • Mengonsumsi obat-obatan seperti litium dan diuretik juga dapat menyebabkan seseorang merasakan haus berlebihan.
  • Wanita yang sedang hamil pada umumnya lebih sering merasa haus dan juga ingin buang air kecil terus menerus.

Normalnya darah kita memang memiliki kadar gula, gula yang ada dalam darah ini akan disaring oleh ginjal sehingga tidak keluar bersama urin. Namun ginjal memiliki ambang batas kemampuan untuk menyaring gula darah, yakni angka maksimal sekitar 200mg/dL. Jika gula darah melebihi ambang tersebut, maka ada gula darah yang lolos keluar bersama urin. Kita tahu bahwa sifat gula adalah menarik cairan (hidrofilik) sehingga air dan cairan dalam darah banyak ikut tertarik keluar melalui urin bersama gula menyebabkan seseorang sering buang air kecil dengan volume yang banyak.
Diabetes adalah penyakit kronis yang mana terjadi kadar gula berlebihan di dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi membuat ginjal perlu memproduksi lebih banyak urine untuk membantu melepaskan glukosa dari tubuh. Kondisi inilah yang membuat pasien diabetes merasa terus menerus haus karena otak memerintahkan tubuh untuk mengganti hilangnya cairan. Umumnya pengidap diabetes akan merasa haus disertai kondisi lain seperti penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya, kelelahan parah, serta kebutuhan terus menerus untuk buang air kecil.

Baca Juga : ciri-ciri orang kena penyakit diabetes
                     Obat Diabetes Tradisional Ampuh

Bila Anda sering merasa kehausan secara terus menerus, alangkah baiknya bila Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Anda juga disarankan memeriksa kadar gula darah untuk mengantisipasi kemungkinan penyakit serius seperti diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *