Penyebab Darah Haid Menggumpal Saat Menstruasi

By | April 20, 2017

Apa Penyebab Dari Darah Haid Yang Menggumpal

Saat datang bulan setiap wanita mengalami keluhan yang berbeda-beda seperti nyeri saat haid, keluarnya darah begitu banyak, keluarnya darah haid yang menggumpal dan yang lainnya. Apa Anda pernah mengalami salah satu hal tersebut? Artikel kali ini kami akan menginformasikan tentang penyebab terjadinya darah menggumpal saat menstruasi.


Pada ummnya warna darah haid yang dikeuarkan berwarna merah kehitaman dan berwujud encer. Namun ada kalanya darah haid bisa berwarna merah cerah atau merah kehitaman dan menggumpal.

Apabila hal tersebut terjadi diaat awal siklus haid itu normal tapi apabila keadaan tersebut berlanjut terus, maka ada kemungkinan terjadinya sebuah kelainan.

Tubuh memiliki mekanisme alami dengan melepaskan antikoagulan untuk mencegah gumpalan darah. Tapi saat sedang banyak-banyaknya, antikoagulan tersebut tidak memiliki waktu menyelesaikan tugasnya dalam mencegah terjadinya gumpalan darah, oleh karena itu darah menggumpal sering ikut keluar dengan darah encer. Yang perlu diwaspadai ialah saat keluarnya gumpalan darah sampai masa akhir menstruasi. Bila itu terjadi segeralah lakukan pemeriksaan pada dokter.

Darah haid yang menggumpal apabila terus keluar tentu saja itu tidak baik bagi kesehatan. Sama juga apabila siklus haid terlalu lama. KOndisi ini disebut siklus haid yang tidak normal dan bisa menyebabkan anemia.

Faktor Penyebab Darah Haid Menggumpal

Infeksi pada Rahim
setiap wanita akan memiliki risiko di mana rahim akan terkena infeksi berikut bagian salurannya. Hal inilah yang menjadikan darah mengalai pembekuan dengan waktu datang bulan menjadi lebih lama. Apabila darah menggumpal itu keluar lebih lama otomatis akan memicu penyakit kekurangan darah atau anemia.

Mioma Uteri
Tumor jinak atau yang juga dikenal dengan sebutan mioma terdapat pada bagian uterus di mana permukaan endometrium akan dibuat meluas. Menjadi salah satu penyebab darah menggumpal.

Perubahan Hormonal
Hormon estrogen dan progesteron sangat berpengaruh pada siklus haid. Apabila komposisi kedua hormon tersebut tidak seimbang makan bisa terjadi pembekuan pada dinding rahim yang tebal dab berlebihan, yang akan membuat darah haid yang keluar berjumlah sangat banyak dan menggumpal.

Adanya Obstruksi
Obstruksi ini akan menyebabkan darah haid menggumpal sebelum keluar melalui vagina. Adanya polip pada leher rahim atau mulut rahim adalah salah satu obstruksi.

Itu adalah beberapa penyebab terjadinya darah menggumpal saat haid. Ada juga kondisi yang bisa meyebabkan darah menggumpal ilah perkembangan rahim yang ab normal. Penyebab ini dikaitkan dengan kelaianan kromosom yang sifatnya turunan. Contohnya septum uterus (rahim). Kalainan jenis ini bisa menghambat keluarnya darah haid dan membuatnya mengental di dalam rahim. Segera lakukan pemeriksaan apabila Anda mengalami hal tersebut untuk memastikan Anda terhindar dari penyakit serius.

Baca juga artikel

Faktor-Faktor Yang Menjadi Penyebab Keputihan
Cara Mengobati Luka Diabetes Yang Bernanah
Obat Menurunkan Kadar Leukosit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *