Nafsu Makan Meningkat Akibat Kurang Tidur

By | May 13, 2017

Ada banyak gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh manusia dan salah satunya kurang tidur. Sebagian orang mangalami insomnia dan sebagian lagi mengalami kurangya waktu tidur akibat dari kesibukannya yang dilakukan setiap harinya.

Seseorang dengan kesibukkan yang padat pada dasarnya sering kali tidak cukup tidur, karena tuntutan pekerjaan kadang kala mereka tidak pernah memperhatikan kesehatan tubuhnya sehingga tubuh mengalami gangguan. Idealnya manusia dewasa membutuhkan 6-8jam waktu tidur, bila kurang dari waktu tersebut ada kemungkinan tubuh tidak bekerja secara maksimal.

Nafsu Makan Bisa Meningkat Karena Pola Tidur Yang Buruk

nafsu makan naik akibat kurang tidurApa Anda tahu bahwa nafsu makan Anda bisa meningkat bila kurang tidur? ternyata kurang tidur tidak hanya membuat tubuh kelelahan dan kehilangan konsentrasi, tapi juga bisa mendorong makan lebih banyak. Hal tersebut terjadi karena kurang tidur terbukti dapat merangsang produksi hormon ghrelin.

Ghrelin adalah hormon yang memberikan sinyal rasa lapar ke otak dan meningkatkan nafsu makan.
Kurang tidur juga bisa menyebabkan naiknya berat badan secara drastis dan juga meningkatkan resiko terserang obesitas. Jadi pola tidur bisa mempengaruhi pola makan Anda.

Berikut beberapa alasan mengapa kurang tidur bisa mempengaruhi berat badan

Kurang tidur mempengaruhi hormone

Seperti yang dijelaskan tadi kurang tidur bisa memperlambat metabolisme dan menyebabkan jumlah hormon ghrelin meningkat. Hormon ini berkaitan dengan kontrol nafsu makan.

Kurang tidur bisa membuat orang memilih makanan tidak sehat

Penelitian menunjukan bahwa orang yang kurang tidur lebih menyukai makanan yang manis dan penuh kalori yang bisa meningkatkan berat badan. Hal inilah yang menyebabkan berat badan cepat naik saat seseoarang kurang tidur.

Kurang tidur bisa menurunkan metabolisme

Anda pasti tahu bahwa tidur merupakan hal penting bagi metabolisme tubuh. Saat seseorang kurang tidur, mereka akan membuat metabolisme pada tubuhnya menjadi lebih pelan dan menurun. Yang pada akhirnya proses pembakaran lemak dan kalori akan semakin melambat, secara tidak langsung metabolisme yang lambat tersebut bisa membuat Anda kelebihan berat badan.

Pola makan dan pola tidur ternyata berkaitan erat. Oleh karena itu Anda harus memperbaik pola tidur agar pola makan Anda juga bisa baik. Selain itu, tidur yang cukup juga bisa membuat tubuh Anda lebih sehat dan lebih bugar untuk melakukan aktivitas sehari-hari yang Anda jalani.

Pakar kesehatan yang bernama dr. Nathaniel Watson mengungkapkan jika seseorang ingin memperbaiki waktu tidurnya sekaligus menjaga berat badannya dengan ideal, maka ada baiknya Ia menjaga dengan baik pola tidur dan pola makan yang benar mengingat kedua hal ini ternyata berkaitan erat. Dengan memakan makanan bergizi dan menjaga kualitas tidur, maka kita pun menerapkan gaya hidup sehat. Sebaliknya, jika kita cenderung buruk dalam menjaga kualitas makan dan tidur, maka resiko berbagai penyakit berbahaya layaknya penyakit diabetes, hipertensi, dan masalah kardiovaskular akan dengan mudah mendatangi tubuh kita.

Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *