Manfaat Baik Dan Luar Biasa Dari Pijat Bayi

By | May 29, 2017

Tidak hanya orang dewasa yang membutuhkan pijatan untuk membuat tubuh terasa lebih nyaman, bayi juga bisa dipijat. Selama beberapa bulan setelah lahir, memberikan pijatan dengan menggunakan minyak merupakan hal penting yang bisa dilakukan oleh seorang ibu. Tapi bila Anda tidak terlalu paham bagaimana cara memijatnya Anda bisa menyuruh seseoarang yang pandai dalam bidang tersebut untuk memijat bayi Anda.

Manfaat Pijat Bayi Bagi Kesehatan Dan Pertumbuhannya

manfaat pijat bayiPijat bayi ini mempunyai manfaat yang besar bagi bayi yang baru lahir. Apalagi untuk bayi prematur yang harus dipijat secara teratur setiap hari, sebab sudah terbukti dengan pijatan ini perkembangan fisik dan emosionalnya jauh lebih baik dibandingkan bayi lainnya yang tidak di pijat.

Beberapa orang tua tidak pernah melakukan pijatan pada bayinya karena melihat bayi tumbuh dengan baik. Tapi jika Anda mencoba melakukannya pada bayi Anda tentunya akan ada hal baik yang muncul pada pertumbuhan bayi Anda.

Unit Kerja Koordinasi (UKK) Tumbuh Kembang – Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengembangkan peran pijat sebagai bentuk stimulasi pada bayi. Stimulasi pijat merupakan kombinasi bentuk stimulasi multi modal, yaitu raba (taktil) dan gerak (kinestetik) yang dilakukan oleh orangtua, tenaga kesehatan atau anggota keluarga lainnya. Lebih jauh lagi, pada saat yang sama orang tua juga melakukan stimulasi auditory (pendengaran, dengan mengajak bayi bicara saat dipijat), stimulasi visual (penglihatan, dengan mengadakan kontak mata saat memijat), dan lainnya.

Pijat bayi atau stimulasi pijat bayi bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan memberikan stimulasi raba, gerak dan kombinasi lainnya.

  • Manfaat yang bisa di peroleh dari pijat bayi untuk kenyaman tubuh bayi diantaranya:
    Pijat bayi bisa merangsang otot motorik, memperbaiki kekebalannyaserta menambah jumlah produksi darah putih yang membuat menjadi lebih sehat.
  • Membuat tubuh bayi mengalami penurunan hormon korsitol yaitu hormon penyebab stress. Sehingga bayi tidak akan mudah menangis dan lebih riang.
  • Merangsang hormon oksitoksin. Hormon ini bisa menimbulkan rasa nyaman serta kasih sayang sehingga tercipta ikalatan psikologis yang lebih kuat antara bayi dan ibunya.
  • Meningkatkan frekuensi menyusu.
    Bisa membuat tidur lebih lelap dan lama serta dapat meningkatkan berat badan bayi.
  • Melancarkan pernafasan bayi, karena dapat membantu suplai oksigen pada tubuh bayi.
  • Membantu perkembangan susunan otot bayi.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
  • Mempercepat myelinasi (proses perbaikan system saraf tatkala jaringan saraf tertutup lemak yang disebut myelin).

Waktu terbaik untuk melakukan pijat bayi adalah ketika dia sedang terjaga, namun dengan kondisi yang tenang. Pastikan bayi tidak dalam kondisi terlalu lapar atau kenyang saat Anda memberinya pijatan. Hindari memijatnya sewaktu dia akan terlelap di waktu tidur siang. Anda boleh memijatnya dan menjadikannya kegiatan rutin sebelum tidur pada malam hari.

Beberapa manfaat diatas bisa diperoleh bayi Anda bila bayi Anda rutin melakukan pijatan pada tubuhnya. Kenapa tidak Anda mencoba hal tersebut jika manfaat yang diberikan baik untuk kesehatan tubuh bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *