Makanan yang aman bagi penderita diabetes

By | February 3, 2015

obatdiabetesuntuksemuausia.comPenyakit kencing manis merupakan penyakit gangguan metabolik yang di akibatkan oleh ganguan produksi insuln dan gangguan fungsi insulin. Akibat kedua penyebab penyakit gangguan metabolikini, kadar gula darah menjadi meningkat drastis. guna mengurangi kadar gula darah yang terjadi tersebut , maka pengobatan medispun di berikan. namun pengobatan medis saja  tidaklah cukup jika tidak disertai denga cara alami.

diabetes-mellitusAgar kondisi tetap stabil dan sehat, penderita penyakit gula harus menjaga diet khusus. Ada beberapa makanan terbaik untuk penderita diabetes,Secara umum, makanan-makanan ini akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resistensi insulin, menghambat penyerapan karbohidrat, mencegah penyakit jantung yang membahayakan diabetes, memperkuat daya tahan tubuh, dsb.
Walaupun belum ada obat yang dikenal bisa menyembuhkan diabetes, namun orang masih memiliki lain, yaitu memanajemen diet dengan benar. Ada banyak makanan penting yang harus dimasukkan kedalam diet penderita diabetes, yang bisa membantu menjaga tubuh penderita tetap sehat dan gula darah bisa diatur dengan cara alami.

Berikut makanan yang aman untuk Penderita Diabetes yang perlu diketahui, agar bisa mengatasi penyakit ini dengan baik

  1. 12-Makanan-Ini-Aman-Bagi-Penderita-DiabetesKacang-kacangan

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang secara rutin diketahui mengalami penurunan risiko diabetes sebesar 21 persen. Jenis kacang-kacangan lainnya seperti walnut(semacam kenari), almond, atau kacang mete juga sama bermanfaatnya. Orang yang makan kacang-kacangan secara rutin juga memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Satu ons kacang dapat menyediakan sumber lemak sehat yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan serta bermanfaat dalam memanajemen rasa lapar.

  2. Polong-polongan

    Legum atau yang juga dikenal dengan polong-polongan juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi secangkir polong-polongan dapat membantu orang dengan diabetes tipe 2 untuk mengontrol gula darahnya serta mengurangi risiko akan penyakit jantung. Alasan mengapa polong-polongan seperti kacang polong, lentil, kacang kedelai, kacang merah, dan kacang hijau, sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah karena indeks glikemiknya yang rendah. Selain itu, makanan-makanan tersebut kaya akan karbohidrat berkualitas tinggi, protein tanpa lemak, dan serat larut yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

  3. Oatmeal

    Penderita diabetes bisa memiliki kesempatan yang lebih baik dalam mengontrol kadar gula darahnya dengan rutin sarapan oatmeal/havermut atau bubur gandum. Sejenis serat yang ditemukan dalam gandum yakni beta-glukan telah menunjukkan efek positif terhadap penderita diabetes. Oatmeal menawarkan serat larut yang dapat memperlambat penyerapan glukosa dari makanan di perut dan mengontrol gula darah

  4. Sayuran hijau

    Sayuran hijau terutama yang berdaun gelap diketahui dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Bayam, sawi, kale, brokoli, kubis, dan selada adalah makanan pembangkit tenaga namun rendah kalori dan karbohidrat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan setidaknya seporsi sayuran hijau setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes sebanyak 14 persen.

  5. Buah jeruk

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki diabetes cenderung memiliki kadar vitamin C yang rendah dalam tubuh mereka, sehingga buah jeruk yang kaya akan vitamin C adalah salah satu pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Grapefruit, jeruk, lemon, dan limau memiliki sifat seperti insulin yang dapat mencegah diabetes tipe 2.

  6. Putih telur

    Telur adalah makanan yang baik untuk membentuk otot karena mengandung protein dengan kualitas yang tinggi. Mengkonsumsi telur, khususnya putih telur merupakan makanan yang sangat baik untuk mencegah diabetes tipe 2 karena kaya protein berkualitas tinggi dan rendah karbohidrat.

  7. Yogurt rendah lemak

    Yogurt yang rendah lemak dan gula juga merupakan salah satu makanan yang efektif dalam memperlambat atau mencegah kenaikan gula darah yang tidak sehat. Orang diabetes bisa menikmati yogurt rendah lemak sebagai camilan sehat yang dapat disantap ketika lapar.

  8. Ikan

    Penelitian mengatakan bahwa makan ikan dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin karena mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Ikan membantu menurunkan konsentrasi glukosa sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, ikan adalah sumber protein rendah lemak. Penderita diabetes bisa memilih bermacam jenis ikan mulai dari lele, kod, nila, atau salmon. Kehadiran omega-3 dalam ikan-ikan tersebut juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  9. Teh hijau

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peradangan kronis yang disebabkan oleh makanan berlemak, kurang olahraga, dan kurang makan buah, sayur, dan lemak baik, diketahui dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Terkait dengan masalah ini, minum teh hijau adalah solusi sederhana untuk mencegahnya. Teh hijau dikemas dengan flavonoid yang merupakan pelawan inflamasi dan dapat meningkatkan aktivitas insulin.

Walaupun beberapa jenis makanan sangat susah untuk dihindari, namun penderita diabetes harus secara ketat merencanakan dan mengontrol pola makan yang sehat dan sesuai. Jangan berkecil hati dengan daftar banyaknya jenis makanan yang harus dihindari, karena daftar makanan yang bisa dikonsumsi (dan lebih sehat) justru lebih banayak lagi. Semua hal tersebut bertujuan untuk menjaga kondisi gula darah dan kondisi tubuh secara umum.

Hal yang paling utama adalah dengan mengikuti anjuran makan aman bagi penderiata diabetes, termasuk anjuran lainnya untuk menjalankan pola hidup sehat, seperti berolahraga, mengontrol stres, dan tidur malam yang teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *