Khasiat Buah Jambu Biji Untuk Penderita Diabetes

By | August 11, 2016

Khasiat Buah Jambu Biji Untuk Penderita Diabetes – Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C. (wikipedia)

Manfaat-Jambu-Biji-untuk-Kesehatan

Tak heran jika jambu biji disebut “buah super.” Dibandingkan dengan jumlah yang sama pada buah nanas, jambu biji mengandung 30 kalori lebih banyak per porsi, 3 kali lipat protein dan memiliki serat 4 kali lebih besar. Berikut ini kandungan di dalam sebuah jambu biji.

Khasiat dan manfaat di dalam kandungan jambu biji :

  1. vitamin A (21% dari nilai harian), yang penting untuk menjaga selaput lendir yang sehat dan kulit
  2. folat (20%), bagus untuk wanita hamil untuk mencegah cacat tabung saraf.
  3. Flavonoid termasuk beta karoten (inhibitor kanker)
  4. lycopene, yang pada jambu biji merah muda telah ditemukan untuk melindungi kulit terhadap sinar UV dan membantu mencegah kanker prostat
  5. lutein dan cryptoxanthin, kedua antioksidan
  6. Kalium – Kandungan kalium ini sama seperti yang pada manfaat pisang dan penting terhadap denyut jantung serta regulator tekanan darah.

Baca Juga :

Ada banyak manfaat buah jambu yang terkait dengan diabetes. Manfaat pertama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu masalah pada penderita diabetes adalah penyembuhan luka yang sangat lama karena darah lambat menggumpal. Jika luka yang ditimbulkan tidak kunjung kering, ada kemungkinan kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mengontrol kadar gula dalam darah, penderita diabetes melitus dapat memanfaatkan buah jambu biji getas merah yang banyak mengandung zat kimia Tanin, quersetin, glikosida quersetin, flavonoid, minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin yang lebih banyak. Dan kelebihannya lagi jambu getas merah ini tidak mengenal musim, dan selalu berbuah setiap saat

Jambu biji yang dimanfaatkan untuk mengatasi kadar gula darah pada penderita diabetes melitus disajikan sbb :

  • Sediakan  1 buah jambu biji setengah masak
  • Buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih.
  • Setekah mendidih, air tersebut disaring.
  • Air rebusan buah jambu biji tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Selain itu, tidak semua buah dapat dimakan setiap saat. Jambu biji adalah pilihan terbaik untuk mereka yang ingin sehat dan terhindar dari radikal bebas tanpa mengalami masalah pencernaan. Hal ini menjadi salah satu Khasiat Buah Jambu Biji memiliki keterbatasan dalam pola makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *