Berikut Ini Adalah Batasan Normal Gula Darah Menurut WHO

By | April 21, 2016

Berikut Ini Adalah Batasan Normal Gula Darah Menurut WHO – Mungkin kita suda mengetahui bahwa Sumber energi utama yang diperlukan untuk sel manusia adalah glukosa. Kadar gula darah dalam tubuh kita diatur dan disimpan dalam jumlah yang diperlukan oleh insulin. Insulin dilepaskan ke dalam aliran darah setiap kali kadar glukosa dalam tubuh kita meningkat melebihi melebihi jumlah yang normal. Secara alami, diketahui bahwa tingkat gula darah biasanya lebih rendah di pagi hari dan dapat meingkat setelah setiap makan.
batas-kadar-gula-darah-normalSebenarnya batasan kadar gula darah normal tidak berpatokan pada satu angka baku. Kadar ini bisa berubah seperti saat sebelum dan sesudah Anda makan atau juga saat waktunya tidur.

Baca Juga : cara alami untuk menurunkan kadar gula darah

Berikut kisaran kadar gula darah normal menurut WHO

  1. Sebelum makan : 70 – 130 mg/dL.
  2. Dua jam setelah makan : kurang dari 180 mg/dL.
  3. Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam : kurang dari 100 mg/dL.
  4. Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL.

Ketika sedang berolahraga atau beraktivitas, otot-otot pada tubuh kita memerlukan energi tambahan yang berasal dari glukosa. Oleh karena itu, liver akan meningkatkan pemecahan glukosa ke dalam darah sehingga kadar glukosa darah meningkat. Hal ini merupakan respon tubuh yang normal. Pada proses ini, hormon insulin juga berperan membantu otot dalam menggunakan glukosa darah tersebut. Setelah aktivitas, pankreas akan meningkatkan jumlah insulin sebagai kompensasi tingginya glukosa darah, untuk kemudian bekerja mengembalikan kadar normal glukosa darah. Jika jumlah insulin tidak cukup seperti pada pengidap diabetes, maka glukosa kesulitan “masuk” ke dalam sel otot sehingga ia akan menumpuk di aliran darah dan glukosa darah akan tetap mengalami kenaikan.

Untuk menjaga agar kadar gula darah anda agar tetap dalam batas normal. Berikut cara-cara yang bisa anda lakukan

  • Olahraga rutin.
  • Perhatikan asupan.
  • Makan tepat waktu.
  • Hindari stres.
  • Selalu sedia camilan manis.

Penting juga untuk menjaga keseimbangan berat badan, Bahkan pengurangan lima sampai sepuluh persen dari berat badan yang berlebihan dapat mengurangi risiko diabetes. Tes gula darah bisa dilakukan di rumah sakit atau jika ingin praktis, Anda bisa membeli alat tes gula darah yang bisa dipakai di rumah. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga Anda sehat selalu.

Berikut ini : Obat – Obatan Untuk Menurunkan Kadar Gula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *