Bahaya Konsumsi Daging Merah Bagi Penderita Diabetes

By | July 27, 2016

Bahaya Konsumsi Daging Merah Bagi Penderita Diabetes – Jika ingin terhindar dari berbagai jenis penyakit maka para ahli menyarankan untuk tidak mengkonsumsi daging merah berlebihan karena mempunyai efek samping yang fatal. Memiliki diabetes berarti perlu mengubah pola makan. Tetapi jangan khawatir, terkena diabetes bukan berarti harus menyerah pada semua makanan favorit. Karena yang Anda butuhkan adalah membuat pilihan yang lebih baik.
Sumber-Zat-Besi-Selain-Daging-Merah-1Banyak orang yang menganggap bahwa daging merah adalah lauk terbaik dan penuh dengan gizi. Daging merah menyumbang beberapa jenis kebutuhan nutrisi manusia seperti protein, lemak, vitamin B kompleks dan jenis mineral yang sangat lengkap. Daging merah juga sering dinikmati menjadi berbagai jenis masakan. Namun bagi beberapa orang terlalu sering mengkonsumsi daging merah juga bisa menimbulkan efek buruk. Daging merah bisa mengandung racun karena beberapa faktor seperti proses pengolahan dan penyimpanan. Selain itu ketika daging merah sudah masuk ke saluran pencernaan maka juga bisa membentuk racun yang berbahaya untuk tubuh

Baca Juga : Sering Haus Bisa Jadi Gejala Penyakit Diabates

Berikut ini adalah beberapa jenis bahaya daging merah yang perlu di waspadai :

  1. Resiko Pengerasan Pembuluh Darah
    Sebuah penelitian membuktikan jika daging merah yang sudah masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan penumpukan senyawa karnitin. Ini adalah sebuah senyawa yang bisa menyebabkan terjadinya pengerasan pembuluh darah. Pengerasan pembuluh darah bisa menyebabkan bahaya yang lebih besar seperti penyumbatan arteri, kerusakan jantung dan beberapa jenis penyakit jantung. Bahkan ketika karnitin sudah masuk ke dalam usus maka bisa mengembangkan beberapa jenis bakteri yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.
  2. Kanker
    Dalam daging sapi terkandung sejumlah bahan kimia organik yang sangat beracun yang dikenal dengan nama dioxin. Dimana bahan kimia tersebut berasal dari partikel mikroskopis dari abu dari insinerator yang telah menetap di rumput dan tanaman yang dimakan oleh hewan-hewan ternak seperti sapi, babi, dan ayam. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa dioxin merupakan hormon kimia yang dapat mengganggu fungsi sel-sel dalam tubuh, sehingga hal ini dapat berpotensi untuk meningkatkan resiko penyakit kanker. Selain itu, dioxin juga dapat memicu endometriosis, gangguan Attention Deficit Disorder, kecacatan sistem reproduksi anak-anak, sindrom kelelahan kronis, menurunnya sistem kekebalan tubuh, serta gangguan saraf.
  3. Resiko Penyakit Diabete Tipe 2
    Mengkonsumsi daging merah terlalu sering juga bisa menyebabkan Anda terkena penyakit diabetes tipe 2. Penyakit ini akan menyerang organ tubuh Anda dan tubuh secara menyeluruh akibat kekurangan insulin. Insulin dibuat oleh pankreas yang berfungsi untuk mengolah kadar gula dalam darah menjadi sumber tenaga. Ketika Anda makan daging merah maka, kandungan glikemik yang berat akan membuat tubuh menerima lemak berlebihan. Lemak tidak langsung akan dicerna dan diolah oleh tubuh dengan bantuan hormon dan enzim. Karena itulah ketika tubuh memiliki banyak lemak dari daging merah maka menyebabkan kebutuhan insulin yang terlalu besar. Sementara pankreas tidak membuat insulin yang cukup sehingga menyebabkan diabetes.
  4. Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Kebiasaan mengkonsumsi daging merah juga bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh akan menurun secara perlahan. Hal ini terjadi ketika daging merah masuk dalam saluran pencernaan maka bisa menjadi racun. Daging merah akan bertemu dengan enzim dan cairan dalam pencernaan. Racun akan muncul dalam tahap ini.
    Selain itu, daging merah sebenarnya mengandung kadar gula alami yang sangat kecil. Tapi kadar gula alami ini bisa berubah menjadi racun yang bisa menyerang sistem kekebalan tubuh itu sendiri. Jadi karena proses ini maka tubuh mudah terserang penyakit karena peradangan dalam tubuh atau pembentukan sel kanker.
  5. Kolesterol Tinggi
    Daging merah mengandung lemak dalam jumlah yang lebih besar dibandingan dengan jenis makanan lain. Jika Anda menyertakan beberapa jaringan lemak untuk dimakan maka kemungkinan besar, akan memiliki tingkat kolesterol yang cukup tinggi dalam tubuh.Gejala kolesterol tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan resiko penyakit yang sangat komplek seperti serangan jantung, penumpukan plak pada pembuluh darah dan resiko penyakit lain.
  6. Gagal Ginjal
    Gagal ginjal bisa menjadi salah satu penyakit yang terjadi pada orang yang memiliki kebiasan mengkonsumsi daging merah. Gagal ginjal akan menyebabkan tubuh tidak bisa menyaring semua limbah dan racun yang seharusnya keluar melalui saluran urin. Kerusakan ginjal awalnya dipicu oleh beberapa masalah seperti penumpukan lemak berlebihan dan kontaminasi daging merah yang banyak mengandung bakteri E.Coli. Bakteri yang didapatkan dari daging merah ini bisa masuk ke saluran pencernaan dan bahkan ginjal. Jika ginjal sudah terkena infeksi maka akan menyebabkan penyakit ginjal yang lebih sering mengarah kepada gagal ginjal. dll

Untuk menyertakan daging merah dalam diet diabetes yang sehat, Anda harus strategis berarti Anda hanya dibolehkan mengonsumsinya dalam porsi kecil dan tidak boleh sering.

“Anda tidak boleh makan lebih dari 18 ons daging selama seminggu atau empat dan lima porsi daging merah per minggu,” saran ahli diet, Meredith Nguyen, RD.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *